ILMU KLENIK VERSI SUNAN KALI JAGA

Pada umumnya yang dipakai pegangan hidup manusia adalah agama atau kepercayaan. Agama mengandung unsur kepercayaan, tetapi kepercayaan belum tentu dalam bingkai agama.

Dalam negara-negara komunis atau bekas negara komunis, banyak manusia yang tidak beragama, tetapi mereka memiliki kepercayaan, bukan berupa takhayul. misalnya : percaya pada nomor tertentu yang membawa sial dan seterusnya.

Unsur utama dalam agama yang dipegang erat-erat juga merupakan kepercayaan. Orang beragama lebih yakin akan masuk surga bila meyakini ajaran agamanya daripada harus beramal sholeh yang dilandasi iman.

Umumnya iman dipandang lebih utama daripada perbuatan.Apalagi laku agama, banyak yang dipandang sebelah mata. Datang dikritik pun tidak. Padahal, laku agama merupakan inti dalam kehidupan beragama dan merupakan penghayatan batin dalam beragama.

ILMU KLENIK

Kata Klenik ada di dalam kultur budaya Jawa dan tentunya ada di dalam bahasa Jawa. Arti yang sebenarnya adalah sesuatu yang terembunyi atau hal yang dirahasiakan untuk umum. Karena dalam kultur Jawa ada ilmu yang disebut ilmu tua.

Yang dimaksud Ilmu tua dalam kultur Jawa yaitu ilmu yang diajarkan kepada mereka yang sudah matang dalam kesadarannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak disalah gunakan atau disalah artikan. Inilah yang dikatakan ilmu klenik. Dimana di dalamnya terdapat pengetahuan yang menjelaskan hal-hal gaib yang sifatnya tersembunyi, wilayahnya misteri.


Salah satu ilmu atau pengetahuan yang ada di wilayah Klenik adalah agama. Banyak hal dalam agama yang tidak dapat diuji kebenarannya, dan kebenarannya hanya bisa dimengerti oleh mereka yang menempuh ilmu makrifat.

Inilah sepenggal pengalaman pribadi penulis, dalam penelusuran tentang ilmu makrifat yang tersirat di dalam ilmu Klenik Sunan Kalijaga yang di dapat dari salah seorang pelaku spiritualis. Dalam kisah perjalanan yang penulis utarakan ini, dapat di ambil pembelajarannya. karena bila manusia berpegang pada kulit agama, sudah pasti hal itu mudah memunculkan konflik agama.

Karena itu, pemeluk agama Islam dari golongan apa pun di dunia ini; bilamana mereka berdzikir maka mereka akan merasakan kehadiran Allah SWT. Bila Allah SWT sudah hadir di hati seseorang, maka orang itu akan tunduk tawaduk. Ia akan menjadi orang yang lembut dan memancarkan cinta di sekelilingnya dan menjadi orang yang rendah hati.


Masalah dapat merubah manusia; namun
Manusia tidak dapat merubah masalah.

SOLUSINYA :

Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka,
Kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.



Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

13 komentar

mungkin butuh napak tilas, kolaborasi antara dakwah pada jaman dahulu dilakukan secara halus, dengan memasukan unsur unsur budaya, kemungkinan tahap dakwah yang belum selesai jadi kebanyakan orang menilai bahwa itu mutlak ajaran seorang wali.

Kembali pada ALLAH, sesuai dengan hadist dan Quran

@ Brigadir Kopi >>>
Benar sekali Sob ! Sukses selalu.

assalamu'alaikum Kang,
tidak mudah masuk ke dalam sebuah kultur yang sangat kental dan kuat mempertahankan apa yang menjadi bagian hidup suatu masyrakat. Dan para Wali dengan kecerdasannya dan tentu karena petunjuk Alloh swt, mampu masuk secara ruhani di dalamnya. Da Setuju pendapat Kang Zey, bahwa dakwah Wali Songo belum tuntas dan belum selesai. Sehingga masih tercampurnya apa yang mereka pahami.

Allah adalah sebaik-baik tempat kembali, kalo belum yakin dan emang meragukan.. rasanya kita perlu kembalikan lagi ke jalur yang tepat. ajaran Rasul..
saya nggak terlalu paham kalo soal beginian, takut salah omongan ntar malahan. hehehe

Baru tahu arti ilmu klenik yang sebenarnya adalah sesuatu yang terembunyi atau hal yang dirahasiakan untuk umum.

Selama ini kukira ilmu hitam, thanks banyak ya...

Makasih mas, saya juga baru tau.. Jangan lupa mampir ya mas..

Banyak daerah di Indonesia yg masih kental unsur Kleniknya mas.... bahkan gak jarang adat dianggap lebih penting dari pada agama... padahal mau berguru kemanapun tetep aja ujung2nya manusia membutuhkan Tuhan....

gak lebih panjang dari ini deh komentku takut salah hhe.. :)

Semoga semua yang menyimpang dari jalanNya segera kembali ke jalur yang benar

yang pakde pahami, sekarang kata "klenik" sudah berubah makna, menjadi pengertian yang negatif, dalam arti digunakan untuk tujuan negatif misalnya tenung, santet, pernujuman dan sebagainya

@ Jangan Pakeis >>>
Walaikumsalam wr wb
Benar sekali, tugas para wali memang belum selesai. Dalam hal ini pembeljaran yang mungkin dapat kita ambil adalah bahwa cara beliau menyentuh hati dalam melakukan dakwah, tanpa ada unsur menjelekan dan mengklaim siap yang benar. Semoga hal ini dapat dijadikan pembelajaran untuk kita semua. Sukses selalu mas.

@ Gaphe >>>
Itu benar Mas. Semoga kita semua dapat mengikuti cara Rasul dalam menyajikan dakwah kepada masyarakat tanpa menyinggung, dan saling mengklaim. Tetapi dengan menyentuh hati masyarakat. Seperti para wali songo, dan tokoh-tokoh besar agama lainnya yang menjadikan unsur budaya sebagai jalan dakwahnya. Sukses selalu.

@ Yunda Hamasah >>>
Alhamdulillah Mba, dengan kejernihan hati dapat tersampakan dari salah satu maksud tulisan ini. Semoga kita tidak mudah terjerumus dengan tanggapan yang diluar pengetahuan kita. Sukses selalu mba.

@ Halwan >>>
Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat sebagai ilmu pengetahuan kita semua. Sukses selalu.

@ Ferdinand >>>
Benar sekali mas. Sukse selalu.

@ TUKANG CoLoNG >>>
Amiiin.... Sukses selalu.

@ pakde sulas >>>
Benar pakde. Semoga tulisan ini dapat membukakan hidayah untuk kita semuanya. Sukses selalu.

dan masalaah itu tuk kita hadapi dan bukan tuk kita hindari :)

ya tujuan sama jalan berbeda kl ada jalan yg enak knp ndk?

sayang skali ilmu klenik skarang bnyak d salah gunakan....

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus