SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA MELALUI PENTAS SENI BUDAYA

http://ejawantahnews.blogspot.com/2014/03/sosialisasi-bahaya-narkoba-melalui.html
Sosialisasi Bahaya Narkoba Melalu Pentas Seni Budaya. - Paradigma baru mengenai penanganan pengguna narkoba tidak akan dipahami dengan memaksimalkan upaya sosialisasi kepada  masyarakat luas, tanpa digarap dengan serius. Sebagai salah satu upaya diseminasi dan informasi mengenai konsep yang ideal dalam penanganan pengguna narkoba, Badan Narkotika Nasional bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Solidaritas istri kabinet Indonesia bersatu menyelenggarakan suatu even pergelaran pentas esni budaya dan forum komunikasi pencegahan penyalahgunaan narkoba., pada hari Selasa, 25 Maret 2014 di gedung SMESCO Jalan Gaot Subroto, Kav 94. Pancoran, Jakarta Selata.

Dalam hal ini di harapkan agar penyampaian akan sebuah program penanganan bagi para pengguna narkoba yang telah memasuki babak baru dengan nuansa yang lebih humanis bisa menyentuh hati masyarakat untuk tergerak bersama-sama merapatkan barisan, dan juga di harapkan bagi para pengguna narkoba tidak lagi di penjara, tapi dipulihkan mental dan fisiknya dengan cara rahabilitasi.

Sebagai bentuk keseriusan pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini, sudah dituangkan dengan jelas dalam peraturan bersama yang telah disepakati dan ditandatangani baru-baru ini oleh pra steakholder yang bergabung dalam Mahkumjakpol (Mahkamah Agung, Kemenkumham, Kejaksaan Agung, Kepolisisna RI, ) plus Bandan narkotika Nasional, Kemenkes, dan Kemensos. Sebuah momentum yang menjadi tonggak sejarah tentang idealisme penanganan narkoba yang berorentasi pada penyelmatan pengguna narkoba.

Dalam pergelaran seni budaya berupa teater musikal yang di bawakan oleh teater Tanah Air, seluruh tamu undangan bukan hanya di sajikan sebuah pentas seni budaya yang bersifat menghibur. Namun, lebih dari itu, para tamu yang hadir dan yang ikut menyaksikan diajak untuk mengetahui lebih jelas pendidikan tentang pentingnya penanganan narkoba dengan konsep welas asih. Hal ini merupakan cerminan dari apa yang disampaikan dalam pergelaran pentas seni budaya ini sangat mudah di mengerti dan dinikmati serta di telaah
bagi para penontonnya.

Lanjut...........
Menyaksikan pagelaran pentas seni budaya yang berikan sebuah pesan yang di sosialisasi tentang bahayanya narkoba bagi anak-anak remaja dan dewasa usia sekolah ini bisa membawa kita dalam suana yang mengena akan tujuannya. Apalagi pada saat melihat mereka memerankan dengan kespresi kepolosannya.

Dari penyajian drama musikal pentas seni budaya ini sangat tertip, dan informasi yang saya terima kelompok teater tanah airku ini telah memiliki prestasi menjadi juara dunia beberapa kali yang di selengarakan di tempat negaa yang berbeda. Dan teater ini pernah mejadi duta bangsa di PBB. Jadi jangan heran, bila para tamu disajikan dengan penampilan yang profesional dan telah di akui dunia internasional.

Bila di perhatikan dengan jelas anak-anak yang terlibat dalam memainkan pentas seni budaya ini sangat pandai dengan memainkan peran dan gaya meeka sesuai dengan peran tokoh yang di mainkannya. Ada yang jadi bandar narkoba, ada yang jadi intel, dan banyak lagi.

Melihat polah tingkah peran para pemain, tak jaang para penonton pun ikut terhanyut dalam tawa dan canda mereka di atas panggung, belum lagi nuansa lirik lagu yang menjadi latar belakang sebagi pengiring di atas panggungnya itu sendiri. 

Cara penyampaian jenis barang-barang yang harus diperhatikan bagi kita para orang tua yang khusushnya memiliki anak usia sermaja atau dewasa, ternyata mereka menyampaikan dengan jelas, bahwa jenis narkoba baru yang masuk dan beredar di Indonesia itu berbagai macam, seperti; penghapus, pemen, kosmetik kecantikan, kertas dan masih banyak lagi.

Bila kita perhatikan jenis barang yang mereka sebutkan itu merupakan barang-barang yang tidak tidak asing lagi bagi pelajar di usia remaja, dan dewasa. Dan mereka menyebutkannya secara berulang-lan daam peran si bandar yang memainkan perannya. Semoga saja para penontonnya bukan hanya terhanyut melihat pagelaran pentas seni budayanya saj, namun bisa menangkap pesan dan jenis-jenis barang yang sudah pernah terindikasi sebagai narkoba.

Kejadian ini semua mengingatkan kita, betapa pentingnya peran sebuah seni budaya bisa ikut berperan dalam mensosialisasikan sebagai bahasa penghantar kepada para penontonnya. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dalam menyaksikan sebuah pegelaran pentas seni budaya. Bukan hanya sebuah hiburan namun sebuah pesan pelajaran tentang bahaya penyalahgunaan narkoba itu sendiri.

Di bawah ini merupakan cuplikan dari pentas seni budaya yang di mainkan oleh para anak-anak Indonesia yang tergabung dalam Teater Tanah Air di acara ini anda bisa lihat di chanel (

Lanjut.............
Sajian pentas seni budaya di gelar dalam acara ini tentu Badan Narkotika Nasional bersama para penyelenggara lainnya memiliki tujuan positif, dengan harapan akan muncul sebuah kesadaran dari masing-masing dari individu yang melihatnya untuk dapat melindungi atau membentengi diri dan lingkungannya dari bahaya ancaman  penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Pentas seni budaya ini sebagai pengibur dan sekaligus acara penutup dari acara Pagelaran Seni Budaya dan Komunikasi Penyalahgunaan Narkoba. Harapan beasr dari Kepala Badan Narkotika Nasionla Komjen Bapak DR. Anang Iskandar untuk anak-anak Indonesia agar dapat memanfaatkan segala potensi yang ada untuk dapat berpartisipasi dalam mensukseskan gerakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Semoga artiel ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua sebagai sarana Sosialisasi Bahaya narkoba Melalui Pentas Seni Budaya.[]




Salam,



Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma - Describe about us

Website Blog ini berisikan artikel-artikel yang berisikan tentang ilmu pengetahuan untuk berbagi baik dari pengalaman pribadi maupun dari beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

2 komentar

tentu yang mengikuti pentas seni umumnya adalah anak muda yang memang rentan dengan narkoba, langkah persuasif yang efektif banget nih.\jempol dan peluk hangat deh untuk penyelenggaranya.

semogga tidak ada lagi orang yang terjerat dengan narkoba maupun perbuatan buruk lain nya karna semua itu hanya kesenangan sesaat

Terimakasih Atas Kunjungannya. Sebuah Komentar Merupakan Cermin Kepribadian Diri Kita. Komentar yang berbau iklan atau dengan memasang link iklan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sukses Selalu Untuk Kita Semua.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus